Verdant Zeal

Selamat Natal 2016, Masters!

Kali ini kita mau coba ulik beberapa pemilik merek yang aware terhadap customernya. Banyak pemilik merek memanfaatkan momentum hari Natal 2016 ini melalui desain-desain menarik dalam Print Ads-nya. Beberapa iklan yang mereka buat menunjukkan betapa powerfull-nya desain grafis. Terutama dalam mencuri perhatian dan emotional bagi target audience-nya. Yuk, kita simak iklan kreatif dalam tema Natal kali ini.

1. Food Forward

FoodForward SA kini menjadi FoodBank SA merupakan organisasi yang berkewajiban mengumpulkan kelebihan makanan dari pabrik-pabrik produsen makanan, pedagang besar, dan pengecer untuk disalurkan ke orang-orang yang kelaparan di Afrika Selatan. JWT sebagai biro iklan membuat kampanye Natal 2016 tampak mengagumkan. Dengan komposisi warna natural makanan yang disusun menjadi rangkaian typography ucapan Natal menarik. Terlebih penggunaan copywriting cerdas, membuat kita menoleh dan sedikit berpikir, “Give Nothing?”

2. Verdant Zeal

Verdant Zeal adalah biro iklan di Nigeria, Ghana dan Gambia. Hanya sebuah kampanye amal sederhana, yang intinya mengajak kita untuk menyumbangkan barang-barang tak terpakai kepada orang-orang yang membutuhkan. Cukup indah dan sederhana menyajikan beragam ikon sebagai teksture yang ditempatkan di latar belakangnya, sedangkan copywriting-nya sederhana, “Your past can be their present.”

 

3. ECOVIA

Sebuah biro iklan di Brazil, Terremoto Propaganda, memiliki perspective lain dalam memberi sentuhan iklan Ecovia. Pendekatan humor nampak begitu sederhana, memberikan pesan kepada pengemudi, “Christmas without alchohol is all happiness.”

 

4. CIA ATHLETICA

Dibuat oleh biro iklan Portal Publicidade untuk kliennya Cia Athletica yang bergerak dibidang aksesoris gymnastic. Penggunaan white space yang luas dengan tagline nyinyirnya “Christmas has plenty of characters out of shape. Don’t be another one.”

 

5. Salvation Army

Sebuah kampanye iklan Natal yang cerdas juga dibuat oleh biro iklan Make it Simple untuk kliennya Salvation Army yang bergerak dibidang religious and charity. Betapa percaya dirinya iklan ini menggunakan warna yang minimalis, tanpa atribut yang macem-macem, hanya ada modifikasi ban pelampung dengan kedua tangan yang menggambarkan mengambilkan makanan dan menerimanya. Iklan ini menyampaikan “The Spirit of Christmas Simultaneously”.

6. TRIUMPH

Mungkin dari copywriting-nya Masters sudah bisa menyerap pesan apa yang ingin disampaikan. Namun dari sisi design, Strauss Comunicação membuat iklan ini justru memiliki point of view pada background-nya. Coba saja perhatikan editan foto di background.

 

7. Red Cross

Momentum Natal juga membuat Red Cross di Ukraina mengeluarkan iklan untuk mengajak peduli kepada orang yang membutuhkan donor darah. Provid menambah nilai kekuatan visualnya yang mengadopsi kaos kaki yang dibentuk menjadi kantong darah, dan menuliskan pesan bahwa “For Someone, Your Blood is The Best Holiday Gift Ever.”

8. Relate

Banyak design iklan Natal menyajikan keceriaan dan identik dengan warna merah, namun dalam iklan ini Relate justru membuat iklan Natal 2016 dengan warna hijau yang mendominasi. Relate mempercayai bahwa warna hijau adalah warna yang menenangkan dan menjadi mediasi untuk menyelesaikan krisis personal. Salute buat Big Communications yang mengeksekusi iklan ini tampil stand out!

 

9. Stihl

Stihl merupakan merek gergaji mesin yang terkenal di Jerman. Iklan yang dibuat oleh Publicis Conseil ini visual base, dengan konsep foto yang kuat dan nyambung dengan produknya. Sehingga tagline-nya cukup hanya “Marry Christmas”. Cerdas bukan?

 

10. Harvey Nichols

Sebuah toko fashion yang cukup High-End di Inggris, Harvey Nichols. Adam & Eve DDB membuat kampanye iklan ini menjadi unik karena menggabungkan aspek humor dan emotional, dengan desain kemasan yang minimalis, dan kekuatan copywriting yang kuat, membuat kita kadang merasa geli juga baca “Sorry, I Spent it On  My Self?”

Nah, semoga 10 desain iklan dengan tema Natal kali ini dapat menginspirasi anda untuk lebih cerdas dalam mengkomunikasikan merek anda. Mungkin bagi Masters punya desain iklan Natal favoritnya? Silakan boleh ditambahkan di komen bawah yak!

Source: Creative Bloq