Perencanaan pemasaran

 

Perencanaan pemasaran tanpa eksekusi hanya konsep semata. Buatlah inisiatif aktivitas dan rencana eksekusi yang akan dilaksanakan supaya memberikan hasil.

Dalam menyusun perencanaan pemasaran, hasil analisa dan merumuskannya menjadi sebuah strategi saja tidaklah cukup. Anda pun harus membuat semua hasil analisa dan rumusan menjadi executable dan measurable. Bagaimana cara membuat hal ini supaya executable dan measurable? Anda harus merinci aktivitas perencanaan pemasaran yang akan dilakukan secara detail dan kelompokkan ke dalam setiap inti proses bisnis.

Bagaimana Anda menyusun rencana eksekusi dalam perencanaan pemasaran? Untuk memudahkan kita dalam merumuskan inisiatif ini, maka rincilah sesuai dengan kegiatan inti bisnis Anda. Dalam hal ini, cukup inisiatif 4P yang dapat Anda lakukan yakni meliputi product, price, place dan promotion.

 

#1. Product

Ketika Anda sudah merumuskan business goals dan strategi untuk mencapainya, maka perincilah di dalam bagian produk. Tahapan menyusun rencana eksekusi pada bagian produk sangat krusial. Mengingat hal ini merupakan “jantungnya” pemasaran dan penjualan. Apa yang ingin Anda promosikan dan jual, ini sangat bergantung pada inisiatif di produk.

Secara sederhana, produk merupakan value yang akan ditawarkan (value proposition) kepada konsumen. Untuk itu, produk merupakan kunci penting dalam merinci aktivitas perencanaan pemasaran di tahun depan. Produk ini meliputi pengembangan produk (product development), riset konsumen (consumer research), meluncurkan produk baru (new product launch), pengembangan fitur baru (new feature development), penajaman positioning produk, desain kemasan baru, dan lainnya.

Tatkala Anda memiliki business goal Pilkada 2017 sebagai sumber mesin pertumbuhan baru, maka apa rencana Anda dalam produk. Apakah Anda akan mengembangkan produk baru? Menambah fitur pada produk yang sudah ada? Di bawah ini contoh inisiatif di dalam produk.

Perencanaan pemasaran
Rinci inisiatif produk

 

#2. Price

Merinci inisiatif dalam pengelolaan harga (pricing management) tak kalah penting dengan produk. Pada intinya, dalam merinci inisiatif di pricing management, Anda harus memberikan yang menarik bagi target pasar. Pricing ini meliputi kebijakan harga baru, pemberian kredit, metode pembayaran baru, bundling produk dengan harga yang lebih atraktif, dan lainnya.

Ketika Anda menetapkan business goal, umpamanya, menggarap segmen Netizen, maka aktivitas di pricing management adalah penetapan metode pembayaran baru. Metode pembayaran yang dimaksud adalah melalui internet banking. Dengan demikian, Anda harus melakukan kerjasama pembayaran dengan bank. Ini contoh aktivitas dalam price.

 

Perencanaan pemasaran
Rinci inisiatif di harga

 

#3. Place

Place mencerminkan bagaimana konsumen dapat mengakses produk yang Anda promosikan. Hal ini sangat erat berkaitan distribusi dan channel yang digunakan. Tak hanya itu, karena berkaitan erat dengan distribusi, maka pengelolaan tim penjualan (salesman) juga masuk dalam tahap ini.

Apa inisiatif Anda berkaitan dengan place? Apakah Anda akan mengembangkan saluran distribusi baru? Berapa tim penjualan yang akan Anda rekrut untuk menambah kapabilitas tim? Apakah Anda akan membuka wilayah penjualan baru? Apakah Anda akan mengembangkan ke channel online? Semua ini sangat bergantung dengan inisiatif Anda dalam mengembangkan channel dan distribusi.

Perencanaan pemasaran
Rinci inisiatif di channel distribusi

 

#4. Promotion

Promosi mencerminkan apa yang akan Anda komunikasikan kepada target pasar. Ada dua kelompok besar aktivitas promosi yakni apa yang akan Anda komunikasikan dan saluran media apa yang akan dipilih. Dalam komunikasi, Anda dapat melakukan marketing communication berbagai program promosi seperti diskon atau trade promo. Dan, memilih saluran media merupakan aktivitas strategis dalam kegiatan promosi. Contohnya Anda bisa memilih digital channel sebagai saluran media promosi baru.

Dalam menyusun perencanaan pemasaran 2017, Anda dapat menyusun program promosi khusus untuk Pilkada 2017. Apa program promosi Anda terkait dengan Pilkada 2017? Diskon, bonus, dan trade promo apa yang akan dikembangkan pada tahun depan? Apakah Anda akan menggunakan brand ambassador? Apakah Anda akan mengembangkan promosi digital? Rencana yang executable memiliki inisiatif kegiatan yang detail. Oleh karena itu, rincilah aktivitas promosi yang Anda ingin lakukan.

Perencanaan pemasaran
Rinci inisiatif di promosi

 

Usai Anda menetapkan apa saja kegiatan yang akan dilakukan selama 2017 nanti melalui 4P, maka langkah berikutnya adalah menyusun rencana eksekusi.

 

Susun Rencana Eksekusi

Menyusun rencana eksekusi adalah menyusun perencanaan waktu. Artinya, Anda memiliki target waktu yang harus dilaksanakan. Apabila Anda tidak memiliki target waktu, maka Anda tidak akan memiliki panduan yang jelas kapan program akan dieksekusi.

Perencanaan pemasaran
Tentukan rencana eksekusi

 

Untuk memandu Anda dalam mengeksekusi program, maka kami memberikan panduan mudah untuk menyusun perencanaan waktu eksekusi. Perencanaan waktu ini disilangkan dengan kegiatan 4P yang sudah Anda susun di atas. Maka, perencanaan waktu eksekusi perencanaan pemasaran akan tampak seperti di bawah ini.

Download template