Table of Content

PEMAHAMAN

Perencanaan pemasaran 2017 disusun berdasarkan analisa business trend. Bagaimana langkah-langkah menganalisanya?

Dalam penyusunan perencanaan pemasaran, analisa tren pada bisnis di masa mendatang merupakan hal penting. Ini adalah strategi untuk memahami bagaimana perusahaan dapat menangkap peluang di waktu yang akan datang, menghindari ancaman yang dapat menjatuhkan bisnis dan menyiapkan strategi untuk menghadapinya. So, bagi pelaku bisnis kecil, menengah ataupun besar, analisa terhada future trend merupakan hal yang krusial saat menyusun perencanaan pemasaran setahun ke depan. Lalu, bagaimana cara menyusunnya?

Ada dua aspek penting yang harus diperhatikan untuk menyusun analisa future trend yang dapat berpengaruh terhadap bisnis Anda yakni makro dan mikro. Secara sederhana, makro didefinisikan sebagai lingkungan luas yang dapat mempengaruhi bisnis di masa mendatang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam istilah Philip Kotler, ini disebut business environment. Oleh karena itu, aspek makro dinilai cukup luas yakni meliputi sosial-budaya, teknologi, ekonomi, politik dan regulasi. Sementara itu, mikro adalah lingkungan kecil yang secara langsung dihadapi oleh bisnis yang terdiri dari konsumen dan kompetitor.

Untuk lebih jelas, mari kita bedah satu per satu.

Pahami Perubahan, Lakukan Analisa Lingkungan Bisnis

Bagi sebagian pakar pemasaran, kondisi makro atau business environment merupakan hal yang perlu diwaspadai dan selalu diamati. Mengapa? Banyak perusahaan yang tiba-tiba menjadi tidak kompetitif di pasar karena luput menganalisa kondisi makro. Oleh karena itu, syarat pertama untuk menyusun perencanaan pemasaran adalah mengetahui kondisi makro yang melingkupinya. Di samping untuk menangkap peluang, analisa makro adalah upaya untuk menghidupkan terus sinyal kehati-hatian munculnya ancaman bisnis. Secara teoritis, ada empat aspek yang perlu diperhatikan untuk memahami kondisi makro yakni sosial-budaya, teknologi, ekonomi, politik dan regulasi.

Sosial & Budaya

Sosial-budaya merupakan suatu kondisi di mana kita dapat memahami perubahan masyarakat yang terjadi dari sisi aspek gaya hidup. Umpamanya adalah seiring naiknya daya beli masyarakat, maka fenomena konsumerisme menjadi gejala sosial-budaya saat ini. Contoh lainnya masifnya gerakan berbagi (sharing movement) di kalangan Netizen untuk menggalang bantuan bagi orang yang membutuhkan atau cinta lingkungan. Munculnya gerakan berbagi ini tidak lepas dari perubahan nilai-nilai masyarakat yang kian peduli terhadap sesama atau lingkungan. Bagi para pebisnis yang jeli melihat ini, mereka pun melakukan program promo sekaligus berbagi. Lalu, bagaimana di tahun 2017?

Teknologi

Analisa teknologi adalah cara mengidentifikasi tren dan perubahan-perubahan di bidang teknologi di tahun 2017. Analisa ini akan memberi gambaran umum mengenai bagaimana tren teknologi akan mempengaruhi industri dan perilaku konsumen. Di tahun 2017 misalnya, seiring tingginya penetrasi internet dan kuatnya gaya hidup digital di kalangan konsumen, maka layanan customer care berbasis penting bagi pebisnis. Customer care tidak sekadar melalui kaleng surat ataupun telepon semata, melainkan chatting secara real time.

Ekonomi Makro

Menganalisa kondisi ekonomi makro adalah untuk mengidentifikasi tren dan perubahan kondisi ekonomi yang terjadi di tahun 2017. Dengan mengetahui kondisi ini, maka Anda dapat memperkirakan dinamika ekonomi yang berkembang seperti apa. Umapamanya, tahun 2017 diperkirakan perekonomian mulai tumbuh lebih baik dari tahun ini karena salah satunya didorong oleh repatriasi dana dari luar negeri ke Indonesia melalui pengampunan pajak. Bagi pebisnis yang jeli melihat ini, maka Anda dapat menyasar peserta tax amnesty untuk produk wealth management.

Politik

Analisa politik adalah cara mengetahui tren dan perubahan-perubahan kondisi politik yang dapat mempengaruhi kondisi bisnis dan perilaku konsumen di tahun 2017. Umpamanya, dengan adanya Pilkada serentak tahun 2017, kondisi ini dapat mempengaruhi dinamika bisnis dan konsumen. Secara bisnis, Pilkada serentak mungkin memberikan peluang bisnis. Dan dalam dinamika konsumen, riuh-rendahnya Pilkada 2017 dapat dijadikan momentum untuk promosi produk atau jasa.

Regulasi

Analisa regulasi ialah cara mengidentifikasi tren dan perubahan-perubahan kebijakan atau regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah regulator dan legislatif di tahun 2017. Dengan cara ini, Anda akan dapat secara cepat dan tepat mengetahui dampak langsung dari kebijakan ini sehingga bisa memanfaatkannya sebagai peluang atau mengantisipasinya karena dinilai sebagai ancaman dan tantangan. Umpamanya, adanya regulasi UU Jaminan Produk Halal yang dirilis pada 2014 mengharuskan semua industri melakukan sertifikasi halal hingga batas waktu tahun 2019. Adanya ketentuan ini, maka masyarakat muslim mulai kian concern terhadap isu kehalalan produk ataupun jasa. Bagi pebisnis, Anda dapat “menunggangi” hal ini dengan menyediakan servis yang sesuai syariah untuk menyasar segmen muslim.

Contoh analisa tren bisnis pada resto makanan:

Analisa Kompetitor

Menganalisa kompetitor adalah mengindentifikasi pesaing serta dinamika persaingan para pelaku di industri di tahun 2017. Menganalisa kompetitor ialah cara melihat pergerakan dan strategi mereka. Cara menganalisa kompetitor adalah tentukan siapa kompetitor Anda, siapa yang paling nempel di benak konsumen, apa kunci faktor sukses kompetitor (distribusi, inovasi produk, tim penjualan, promosi), dan lainnya. Dengan mengetahui kompetitor, maka perencanaan pemasaran Anda akan kian tajam.

Analisa Konsumen

Menganalisa konsumen adalah mengindentifikasi perilaku konsumen. Pada bagian konsumen, Anda dapat menganalisa aspirasi mereka, preferensi pembelian, pola membeli (buying pattern), daya beli yang dimiliki, dan lainnya. Dengan menganalisa konsumen yang akan dibidik, maka Anda akan mendapatkan gambaran profil mereka.

Contoh analisa mikro pada resto:

Melihat bagaimana cara menganalisa future business trend, maka Anda akan memiliki perencanan pemasaran yang komprehensif dan kuat. Apakah Anda sebagai pegawai atau entrepreneur dapat melakukannya sendiri? Kami kira, Anda dapat melakukan secara mendiri dan mengikuti panduan template yang kami cantumkan di atas.