Table of Content
PEMAHAMAN
Dalam penyusunan perencanaan pemasaran, analisa tren pada bisnis di masa mendatang merupakan hal penting. Ini adalah strategi untuk memahami bagaimana perusahaan dapat menangkap peluang di waktu yang akan datang, menghindari ancaman yang dapat menjatuhkan bisnis dan menyiapkan strategi untuk menghadapinya. So, bagi pelaku bisnis kecil, menengah ataupun besar, analisa terhada future trend merupakan hal yang krusial saat menyusun perencanaan pemasaran setahun ke depan. Lalu, bagaimana cara menyusunnya?
Ada dua aspek penting yang harus diperhatikan untuk menyusun analisa future trend yang dapat berpengaruh terhadap bisnis Anda yakni makro dan mikro. Secara sederhana, makro didefinisikan sebagai lingkungan luas yang dapat mempengaruhi bisnis di masa mendatang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam istilah Philip Kotler, ini disebut business environment. Oleh karena itu, aspek makro dinilai cukup luas yakni meliputi sosial-budaya, teknologi, ekonomi, politik dan regulasi. Sementara itu, mikro adalah lingkungan kecil yang secara langsung dihadapi oleh bisnis yang terdiri dari konsumen dan kompetitor.
Untuk lebih jelas, mari kita bedah satu per satu.
Pahami Perubahan, Lakukan Analisa Lingkungan Bisnis
Bagi sebagian pakar pemasaran, kondisi makro atau business environment merupakan hal yang perlu diwaspadai dan selalu diamati. Mengapa? Banyak perusahaan yang tiba-tiba menjadi tidak kompetitif di pasar karena luput menganalisa kondisi makro. Oleh karena itu, syarat pertama untuk menyusun perencanaan pemasaran adalah mengetahui kondisi makro yang melingkupinya. Di samping untuk menangkap peluang, analisa makro adalah upaya untuk menghidupkan terus sinyal kehati-hatian munculnya ancaman bisnis. Secara teoritis, ada empat aspek yang perlu diperhatikan untuk memahami kondisi makro yakni sosial-budaya, teknologi, ekonomi, politik dan regulasi.
Contoh analisa tren bisnis pada resto makanan:
Contoh analisa mikro pada resto:
Melihat bagaimana cara menganalisa future business trend, maka Anda akan memiliki perencanan pemasaran yang komprehensif dan kuat. Apakah Anda sebagai pegawai atau entrepreneur dapat melakukannya sendiri? Kami kira, Anda dapat melakukan secara mendiri dan mengikuti panduan template yang kami cantumkan di atas.