Perencanaan pemasaran

“Perencanaan pemasaran 2017 kian lebih tajam dan powerful jika kita mampu mengidentifikasi peluang dan hindari tantangan dengan analisa SWOT.”

Sampai saat ini, analisa SWOT masih dinilai sebagai tools yang efektif untuk menyusun perencanaan pemasaran. Dengan analisa SWOT terhadap lingkungan bisnis, kita akan mampu mengidentifikasi peluang apa yang akan diambil di tahun mendatang dan tantangan apa yang akan dihindari. Selain itu, dengan analisa SWOT, kita menjadi tahu kekuatan dan kelemahan yang dimiliki secara internal.

Oleh karena itu, banyak orang melihat bahwa analisa SWOT merupakan analisa kapabilitas eksternal dan internal perusahaan. Artinya, tools ini mengukur sejauhmana kemampuan perusahaan untuk menghadapi kekuatan eksternal (peluang dan tantangan), dan bagaimana kemampuan internal perusahaan memenuhinya (kekuatan dan kelemahan). Bagaimana cara menyusun analisa SWOT?

Apabila Anda sudah berhasil menganalisa lingkungan bisnis secara makro dan mikro, maka pekerjaan untuk menganalisa SWOT cukup mudah yakni mengidentifikasi mana yang menjadi peluang, tantangan, kekuatan dan kelamahan. Mari kita lihat bagaimana cara kerjanya seperti di bawah ini.

 

Petakan Tantangan dan Peluang

Kekuatan eksternal merupakan implikasi dari adanya perubahan di lingkungan bisnis. Perubahan ini dapat membawa implikasi pada bisnis Anda, sehingga perusahaan merespon terhadap peluang ataupun ancaman. Oleh karena itu, diperlukannya analisa eksternal dalam penyusunan perencanaan pemasaran adalah upaya mengetahui kekuatan dari luar. Lalu, bagaimana cara mengetahui kekuatan dari luar?

Cerminan dari analisa eksternal adalah sosial-budaya, teknologi, ekonomi, politik dan regulasi, sebagaimana yang ada di tahap analisa makro, dan analisa konsumen dan kompetitor pada analisa mikro. Dengan kata lain, analisa eksternal adalah makro dan mikro. Tugas Anda adalah mengklasifikasi apa yang terjadi makro dan mikro ke dalam Threat dan Opportunity. Untuk lebih jelasnya, akan kami contohkan ke dalam template di bawah ini.

Ini adalah hasil analisa makro dan mikro:

Pemetaan isu utama setahun ke depan

Analisa Kekuatan Internal

Kekuatan internal mencerminkan sejauh mana kapabilitas kita dalam menghadapi tantangan kekuatan eksternal. Analisa ini adalah cerminan sejauh mana perusahaan mampu mengambil peluang dan menghadapi tantangannya. Bagaimana cara mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal? Ini sangat tergantung Anda mengetahui kekuatan internal.

Untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan kelemahan kinerja bisnis Anda, maka mulailah menganalisanya dengan prinsip sederhana marketing mix 4P (product, price, place, promotion). Sejauh mana produk Anda diterima oleh target yang disasar? Apakah harga yang kita tawarkan sudah sesuai dengan target pasar? Apakah konsumen cukup mudah mendapatkan produk yang Anda distribusikan? Apakah tingkat awareness konsumen terhadap produk Anda tinggi? Ini adalah beberapa alat ukur untuk mengetahui kondisi internal.

Berikut ini contoh untuk mengukur kekuatan internal bisnis Anda:

Ketika Anda sudah mengetahui cara mengidentifikasi kekuatan eksternal dan internal ke dalam SWOT, maka langkah selanjutnya adalah memetakan isu utama, tujuan bisnis dan strategi utama. Isu utama adalah key point dari hasil analisa yang ingin Anda benahi. Ini dapat persoalan, tantangan ataupun ancaman.

Jika isu utama sudah dipetakan, maka selanjutnya adalah menyusun business goal. Business goal adalah cerminan tujuan Anda untuk mencapat target tertentu atas isu utama. Setelah itu, lalu Anda harus memetakan strategi apa yang cocok untuk mencapa business goal yang ditetapkan. Bagaimana cara menerapkannya, berikut ini adalah langkah taktis beserta contohnya.

Petakan Isu Utama

Isu utama adalah key points yang harus menjadi perhatian bagi Anda selama setahun ke depan. Artinya, kita akan memilih beberapa poin penting untuk menjadi isu yang akan kita tanggulangi. Menurut kami, isu utama sebaiknya ditetapkan menjadi tiga poin. Isu utama itu dirumuskan berdasarkan hasil temuan dari analisa SWOT.

Pemetaan isu utama setahun ke depan

Tentukan Business Goals

Menetapkan business goals selama setahun mendatang adalah upaya untuk menetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Business goals ini berasal dari isu utama apa yang akan Anda benahi. Oleh karena itu, antara isu utama dan business goal sangat berkaitan. Contohnya, apabila di isu utama Anda menuliskan tentang pentingnya memanfaatkan Pilkada serentak 2017 sebagai sumber pertumbuhan, maka business goal yang Anda tetapkan adalah misalnya meningkatkan omset perusahaan 5% dari Pilkada 2017.

Tentukan business goals setahun mendatang

Kembangkan Strategi

Lalu, strategi adalah cara yang kita pilih untuk memenuhi isu utama dan business goals. Strategi ini mencerminkan upaya yang akan kita lakukan sehingga bisa mencapai apa yang kita inginkan. Contohnya adalah di isu utama Anda menetapkan Pilkada 2017 sebagai sumber pertumbuhan baru, business goal-nya adalah mendapatkan omset dari Pilkada 2017, dan strateginya adalah agresif menggarap pasar Pilkada 2017 dengan inovasi produk atau layanan.

Pilih strategi yang executable

Dengan demikian, langkah-langkah di atas untuk menyusun analisa SWOT diharapkan dapat membantu pekerjaan Anda dala memetakan peluang, tantangan dan ancaman. Lalu, setelah mengetahui berbagai isu melalui analisa SWOT, Anda bisa menetapkan key issues yang paling urgent, business goals ditetapkan dan strategi apa yang ingin Anda gunakan. Silakan mencoba…

Download template keseluruhan: