Table of Content

PENGANTAR

Perencanaan pemasaran 2017 merupakan strategi untuk memenangkan persaingan di tahun depan.

Menjelang akhir tahun, umumnya para marketer di berbagai perusahaan sibuk untuk menyusun perencanaan pemasaran (marketing plan) tahun 2017. Mereka merasa perlu melakukan penyusunan perencanaan pemasaran untuk mengetahui tren lingkungan bisnis di masa depan, peluang dan tantangan yang akan dihadapi, mengidentifikasi kegiatan pemasaran yang harus dilakukan, dan berapa kisaran biaya yang perlu dianggarkan sehingga mudah diukur dan dikontrol.

Mengapa perencanaan pemasaran (marketing plan) penting disusun oleh perusahaan? Perencanaan pemasaran merupakan merupakan teknik menyusun program pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target efektivitas aktivasi promosi dan penjualan yang ingin dicapai. Dengan demikian, bagi sejumlah perusahaan, perencanaan pemasaran merupakan hal penting. Untuk itu, sebelum memasuki tahun baru, umumnya mereka menyusun perencanaan pemasaran supaya memiliki panduan di awal tahun yang akan datang.

Siapakah yang seharusnya menyusun perencanaan pemasaran? Di kategori perusahaan besar atau menengah, umumnya para general manager bersama manager yang menyusun perencanaan pemasaran. Dokumen perencanaan pemasaran ini dipresentasikan kepada executive general manager, vice president direksi, atau bahkan direksi sekaligus.

Lalu, apakah owner UKM perlu membuat perencanaan pemasaran? Menurut kami, UKM juga perlu menyusun perencanaan pemasaran. Dengan cara ini, UKM dapat mengetahui tantangan dan peluang yang diambil, serta bagaimana menyusun aktivitas pemasaran yang komprehensif untuk mencapai target penjualan. Oleh karena itu, perlu bagi mereka menyusun perencanaan pemasaran.

Bagaimana cara menyusun perencanaan pemasaran? Kami melihat ada tiga tahap yang dalam menyusun perencanaan pemasaran. Apabila digambarkan, maka tahapan penyusunan perencanaan pemasaran seperti pada gambar di bawah ini. Ini kami uraikan berdasarkan model yang telah dikembangkan oleh lembaga konsultan Inventure yang disampaikan di kelas Komunitas Memberi.

Perencanaan Pemasaran 2017
Tahapan Perencanaan Pemasaran

Lakukanlah Analisa Tren Bisnis di Masa Mendatang

Hal mendasar yang perlu dilakukan seorang marketer sebelum melakukan perencanaan pemasaran adalah analisa tren bisnis tahun depan. Mereka wajib menganalisa perubahan teknologi, regulasi, gaya hidup masyarakat, kompetitor, dan pertumbuhan industri. Mengapa analisa ini diperlukan? Setiap marketer wajib tahu medan yang akan dihadapi dan memiliki alarm yang mampu mendeteksi perubahan. Untuk mendeteksi perubahan dan bagaimana cara mengatasinya, Anda harus melakukan analisa perubahan lingkungan bisnis.

Umpamanya, dalam ranah politik, pada tahun 2017 kita akan menyaksikan terjadinya Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) serentak di 101 wilayah provinsi atau kabupaten/kota. Adanya Pilkada ini, apakah hal ini memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan bisnis kita? Jika iya, maka Anda perlu memasukkan Pilkada serentak ke dalam template. Dan kelak, di analisa SWOT, Anda akan mengategorikan Pilkada 2017 ini sebagai peluang atau tantangan.

Tahapan Analisa Lanskap Bisnis, Konsumen dan Kompetitor

 

Temukan Peluang dan Tantangan Melalui Analisa SWOT

Setelah analisa tren lingkungan bisnis, maka lakukan analisa kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan tantangan (threat). Atau umumnya kita mengenal analisa SWOT. Tujuannya adalah mengklasifikasi yang mana tantangan dan peluang, serta yang mana kelemahan dan kekuatan. Apabila Anda sudah  mampu memetakan analisa SWOT, maka selanjutnya adalah mencari isu utama yang akan jadi perhatian setahun ke depan, menetapkan tujuan dan strategi apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan.

Seperti dalam contoh Pilkada 2017 di atas, maka penyelenggaran Pilkada ini dapat dilihat sebagai peluang bagi sejumlah industri seperti jasa desain, tekstil, pembuat website, event organizer, jasa riset, dan lainnya. Jika peluangnya besar, maka Anda dapat mengklasifikasikan Pilkada sebagai isu utama yang akan menjadi perhatian tahun depan, sehingga alokasi sumberdaya dikerahkan untuk hal ini. Sebagai isu utama, tetapkan target tujuan Anda yakni menjadikan Pilkada 2017 sebagai pendongkrak mesin pertumbuhan hingga tumbuh 2 kali lipat. Jika mantap Pilkada 2017 sebagai mesin pertumbuhan, maka Anda harus memiliki strategi khusus untuk mencapai tujuan ini.

Identifikasi Peluang dan Tantangan dengan Analisa SWOT

 

Rincilah Perencanaan Pemasaran ke Dalam Rumus 4P + 2S

Hasil SWOT dan mampu memetakannya ke dalam isu utama, business goals dan strategi, langkah berikutnya Anda perlu merinci perencanaan pemasaran ke dalam rumusan 4P. 4P adalah bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi product, price, place dan promotion. Di dalam product, Anda perlu merinci kegiatan apa yang akan lakukan yang berkaitan dengan produk. Begitupun di price, place dan promotion. Selanjutnya, rincian inisiatif itu diterjemahkan ke dalam time plan selama satu tahun ke depan. Inilah yang akan menjadi panduan selama satu tahun mendatang.

Menyambung dengan contoh Pilkada 2017 di atas, jika Anda memiliki keinginan menjadikan pemilihan umum di daerah itu sebagai mesin pertumbuhan, maka Anda bisa merinci setiap kegiatan pemasaran di dalam 4P. Misalnya dalam product, apakah Anda akan melakukan product development khusus berkaitan Pilkada 2017? Urusan price, apakah harga yang akan Anda tawarkan menarik hati konsumen? Lalu, bagaimana urusan distribusi (place) dan promosinya (promotion)? Selanjutnya, bagaimana dengan taktik penjualan dan pelayanannya (sales & service) untuk menjadikan Pilkada sebagai mesin pertumbuhan?

Perencanaan Pemasaran 2017
Rencana Eksekusi Perencanaan Pemasaran 2017