Kondisi ekonomi Indonesia tahun 2017 akan tumbuh. Ini terlihat dari beberapa indikator: ekonomi makro positif, konsumsi tumbuh dan sektor infrastruktur kian menjanjikan.

Beberapa tahun belakangan, ekonomi Indonesia mengalami kemerosotan. Kelesuan ekonomi ini terlihat dalam waktu tiga tahun terakhir karena mengalami pelemahan pertumbuhan. Dengan begitu, daya beli masyarakat pun cenderung menahan daripada jor-joran. Implikasinya, beberapa sektor industri mengalami minus penjualan atau kurang optimal pertumbuhannya.

Lalu, bagaimana dengan prediksi di tahun depan? Kami melihat tanda-tanda mulai bangkitnya perekonomian nasional. Berikut ini beberapa tren hasil penelusuran kami mengenai prediksi ekonomi Indonesia di tahun depan. Secara garis besar, ramalan ekonomi Indonesia di tahun depan akan tumbuh secara positif. Indikator semakin baiknya perekonomian tahun 2017 terlihat dari proyeksi Pemerintah dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah 2017 di bawah ini.

Ekonomi Indonesia 2017
Indikator ekonomi Indonesia menandakan positif

 

#1 Ekonomi 2017 Tumbuh Positif

Tiga tahun yang lalu, ekonomi Indonesia mengalami penurunan. Tetapi, tahun depan, ekonomi makro Indonesia akan tumbuh secara positif. Berdasarkan data Rencana Kerja Pemerintah 2017, pertumbuhan Indonesia akan mencapai 5,8%, naik 0,5% daripada tahun 2016. Ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia.

Ekonomi Indonesia 2017 4
Dulu lesu, kini bangkit

 

Naiknya pertumbuhan ini tidak lepas mulai membaiknya konsumsi domestik dan investasi. Kepercayaan diri masyarakat untuk konsumsi kian optimis. Sementara itu, investasi pun semakin mendapatkan tempat bagus karena dijamin oleh Pemerintah. Bahkan, Pemerintah sudah melakukan deregulasi melalui paket kebijakan ekonomi I-XII. Adanya paket kebijakan ekonomi memberikan jalan atau stimulus pertumbuhan.

Lalu, optimisme pertumbuhan ekonomi nasional juga didorong oleh kesuksesan pelaksanaan amnesti pajak bagi para pengemplang. Adanya kebijakan ini memberikan stimulus masuknya modal hasil reptriasi untuk diinvestasikan dan dibelanjakan di dalam negeri. Bank Indonesia memperkirakan dana repatriasi dari pengampunan pajak akan masuk sebesar Rp560 triliun dari aset yang dideklarasikan Rp3700 triliun.

 

#2 Konsumsi Masyarakat Naik

Daya beli masyarakat yang sebelumnya cenderung stagnan atau menahan konsumsi, kini mulai menggeliat naik. Hal ini terlihat dari data Bank Dunia yang memprediksikan tingkat pertumbuhan konsumsi akan naik di masa mendatang. Faktor pendorongnya adalah inflasi yang mulai turun dan menguatnya rupiah terhadap dolar.

Ekonomi Indonesia 2017
Konsumsi makin tumbuh

 

Naiknya pertumbuhan konsumsi ini tidak lepas dari tingkat kepercayaan diri konsumen (consumer confidence) yang kian meninggi. Berdasarkan data Bank Indonesia, indeks kepercayaan konsumen tahun 2016 di atas batas garis pesimisme. Artinya, masyarakat kian optimis. Ini adalah modal penting untuk mendorong pertumbuhan konsumsi tahun 2017.

Ekonomi Indonesia 2017
Masyarakat semakin optimis terhadap masa depannya

 

Implikasi naiknya pertumbuhan konsumsi, tingkat penjualan dari berbagai sektor industri pun terlihat membaik. Secara umum, rata-rata pertumbuhan konsumsi masyarakat tahun 2017 cenderung naik dibandingkan tahun 2016. Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong untuk meningkatkan pertumbuhan konsumsi.

Ekonomi Indonesia 2017
Sektor-sektor industri tumbuh positif

 

#3 Infrastruktur Tetap Seksi

Salah satu sektor yang paling menonjol di era Jokowi adalah infrastruktur. Jokowi memiliki ambisi untuk membangun infrastruktur sebagai penunjang akselerasi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, sektor infrastruktur pun menjadi andalan bagi pemerintahan Jokowi. Hampir setiap tahun, presiden menaikkan anggaran belanja untuk program ini. Tahun depan, Pemerintah memperkirakan akan menaikkan belanja infrastruktur hingga Rp340 triliun. Bagi pebisnis atau UKM yang bergerak di sektor infrastruktur, ini adalah peluang besar.

Ekonomi Indonesia 2017
Infrastruktur kian seksi

 

Melihat tiga indikator di atas, maka ini momentum bagus untuk para pebisnis dan business owner untuk menyusun stratetegi ataupun taktik menyambut peluang ini. So, tunggu apa lagi.