Tak ada kesempatan kedua dalam bisnis. Siapa yang bersiap lebih dulu akan jadi pionir. Termasuk kesempatan meraih untung besar saat holiday season.

Holiday season menjadi momen indah bagi pebisnis sejati. Momen liburan menjadi peluang untuk meningkatkan keuntungan.  Jangan pandang sebelah mata kesempatan itu karena tak hanya keuntungan material yang bisa didapat. Promo Holiday Season juga bermanfaat untuk memperkenalkan brand. Siapa yang tidak tergiur coba?

Lalu bagaimana cara grab the chance so we don’t miss it?

 

#1 tentukan tanggal Promo Holiday!

Kalendar merupakan alat yang diperlukan baik kalendar nasional atau internasional. Ingat bahwa scope konsumen tidak hanya terbatas pada wisatawan domestik saja. Beberapa produk justru mempunyai pasar yang lebih luas.

 

 

data wisatawan#2 kantongi data wisatawan dan tentukan target pendapatan.

Kementrian Pariwisata dan Perhubungan RI memiliki data jumlah wisatawan dan tujuan wisata. Data berguna untuk melihat kecenderungan aktivitas juga tempat yang dituju. Kita bisa mengetahui seberapa besar potensi pasar yang tersedia. Menetapkan target pendapatan pun jadi lebih mudah.

 

Source: indowarta.com

#3 gak ada salahnya membuat your own promotional event.

Kebanyakan seller membuat tema promosi berdasarkan tajuk acara perayaan liburan. Padahal kita juga bisa menyusun promotional event yang dibuatnya sendiri. Contohkan saja harbolnas alias hari belanja online nasional yang digagas perusahaan-perusahaan anggota asosiasi e-commerce Indonesia. Kesempatan ini juga berguna untuk memperbesar keterkenalan brand. Syaratnya adalah promo yang mencuri perhatian publik.

 

promo holiday
Source: www.giladiskon.com

#4 pilihlah produk yang dinilai tepat pada momentum liburan tersebut.

Pilihan produk juga menjadi syarat mutlak kesuksesan meraih untung besar saat holiday event. Kita harus cermat memilih produk berdasarkan tren dan tema perayaan liburan yang hendak disasar. Kesalahan memilih produk berimbas pada terbuangnya anggaran promo holiday karena produk tidak diterima oleh pasar. Niatnya untung kok malah buntung.

 

Source: medialoot.com

#5 buat konsep promosi lalu ejawantahkan dalam press kit.

Tak ada ruginya melakukan persiapan semenjak awal. Rumuskan konsep kreatif seperti tema promo, besaran diskon, dan saluran promosi yang hendak digunakan. Lebih bagus lagi bila press kit langsung dibuat. Press kit atau media kit adalah materi promosi yang menawarkan informasi dalam berbagai bentuk media seperti poster, surat elektronik, video, dan audio.

Press kit yang dibuat semenjak awal berguna sebagai prototype template. Prototype template berguna bila ada revisi di kemudian hari. Pertimbangkan juga format press kit yang disesuaikan dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya. Media sosial patut dipilih karena memiliki fitur iklan yang dapat disesuaikan dengan target promosi.

Source: imgur.com

#6 gift sebagai hadiah permainan atau kuis masih menjadi cara yang ampuh untuk dipakai.

Buat permainan atau kuis sederhana dengan iming-iming hadiah saat promo holiday dapat membantu tersebarnya promosi produk. Partisipasi peserta permainan atau kuis dapat membuat informasi mengenai brand melekat ke dalam ingatan konsumen.  Sebarkan permainan atau kuis lewat grup-grup di media sosial dengan backlink ke situs web perusahaan. Cara ini berguna untuk meningkatkan trafik kunjungan website.

 

Siap mendulang untung dengan konsep kreatif untuk musim liburan?

Grab it fast!

Fajar Nurmanto, Contributor