Profesionalitas bisnis tidak memandang skala usaha. Besar atau kecil sama saja. Kita tetap butuh tim sales kalau ingin bisnis tetap berkembang.

Kecil bukan berarti sedikit dalam dunia bisnis.  Sebuah usaha bisnis skala kecil tidak melulu hanya melibatkan sedikit orang. Memperbanyak pekerja pun tak apa, asalkan memenuhi syarat efektif dan efisien. Sayangnya kenyataan seringkali terbalik.

Seringkali perusahaan kecil seperti UKM menumpuk berbagai jenis beban tugas pada orang yang sama. Produktivitas pekerja cenderung akan menurun drastis pada titik tertentu dengan cara tersebut. Kemungkinan besar deadline terlampaui serta target pendapatan tidak tercapai. Akibatnya adalah stres kerja dan karyawan lebih memilih untuk mengundurkan diri. Belum lagi dampak jangka panjang terhadap perusahaan.

Salah satu tugas vital yang sering ditumpangtindihkan adalah sales. UKM pada umumnya mempersilahkan seluruh anggotanya merangkap tugas sebagai sales. Alasannya adalah semakin banyak pintu akan membuat pendapatan makin besar. Pandangan ini jelas keliru, bahkan keliru kuadrat.

Sales bukanlah pekerjaan yang dapat dipandang dengan satu mata saja. Ia menjadi ujung tombak dan gerbang revenue  perusahaan. Kesalahan asuh posisi sales jelas sebuah kerugian. Sales tetap harus disusun dalam formal ideal sebuah tim yang mampu mengejar target. Kesuksesan dalam mengembangkan tim sales akan membuat dapur perusahaan terus mengepul.

Bila memang kondisi usaha sedang tidak baik, tidak perlu memaksakan untuk membentuk tim sales yang besar. Sales team tidak hanya terbatas pada kemampuan mewakili perusahaan. Investasikan sumber daya yang terbatas pada kualitas sales team dalam menjual produk.  Produk tersebut haruslah terjual pada berbagai rentang skala pembeli dari kelas rumahan hingga industri besar.

Ada beragam unsur sales yang mumpuni. Mereka haruslah pintar, mempunyai inisiatif, dan mampu bergerak dalam tim. Ketiganya akan membuat penjualan produk terus meningkat karena berimplikasi pada kemampuan menyusun strategi dan beradaptasi. Berikan sedikit kelonggaran dalam berkarya dan order akan berdatangan.

Berikut empat kelebihan sales team berkualitas dan terkonsentrasi pada tugasnya.

 

1. Hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.

sales team
Source: hocvientaichinh.com

Kelebihan sales team adalah daya persuasi dan pelayanan kepada pelanggan. Hubungan yang dibangun akan lebih manusiawi karena sales team menitikberatkan pada keintiman. Hubungan yang intim dengan pelanggan akan memunculkan loyalitas dimana repeat order menjadi bonusnya. Berbeda misalnya bila seorang montir bengkel harus melayani pelanggannya bebarengan dengan motor servisan. Pelanggan sebagai seorang manusia tidak bisa disamakan dengan benda.

 

2. Sistem pengarsipan data produk dan penjualan yang lebih rapi.

sales team
Source: www.twenty20.com

Kenapa? Karena sudah ada tim yang bertugas mengerjakannya secara khusus. Tak ada lagi nota yang tercecer, laporan selip, dan keberadaan uang perusahaan yang tidak jelas dipegang siapa. Masalah-masalah tersebut selalu muncul saat tanggung jawab pekerjaan yang berbeda ditumpangtindihkan pada satu orang.

 

3. Tanggung jawab secara penuh pada tugas sales team.

sales team
Source: Pexels.com

Pekerjaan sales adalah menjual dan mereka memperoleh imbalan atas pekerjaan tersebut. Tidak ada lagi alasan produk atau jasa tidak laku karena tidak ada yang mengurusi penjualan.

 

4. Tenaga segar dalam implementasi strategi pengembangan usaha.

sales team
Source: Pexels.com

Sales team akan lebih dahsyat bila selalu bersinergi aktif untuk pengembangan usaha. Mereka akan melontarkan ide yang belum pernah terbayang. Semisal kerja sama dengan mitra yang akan menguntungkan seperti jasa pengiriman, instansi permodalan atau keuangan, dan lain sebagainya. Sales team membuat kita dapat bermain dalam kolam yang lebih besar.

Sudah kebayang pentingnya mengembangan sales team kan? Kalau masih ragu atau muncul pertanyaan, mari diskusikan bersama.

 

Fajar Nurmanto, Contributor